Jumat, 01 Agustus 2008

Sekjen ICIS KH Hasyim Muzadi: ketidakadilan global menjadi penyebab lahirnya kekerasan

Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS) KH Hasyim Muzadi menyatakan, ketidakadilan global, baik politik, ekonomi maupun budaya, menjadi penyebab utama lahirnya kekerasan dalam bentuk konflik etnis, agama, dan golongan.

"Ketidakadilan global terhadap negara-negara Muslim telah memperparah konflik hingga berkepanjangan," kata Hasyim dalam sambutannya pada pembukaan ICIS III di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu, ketidakadilan global tersebut, diakui atau tidak, telah mendorong banyak kelompok masyarakat menggunakan kekerasan sebagai alternatif penyelesaian atas ketidakberdayaan mereka.

ICIS, kata Hasyim, merupakan forum yang bisa dijadikan sebagai ajang bagi para tokoh dunia, ulama, dan peneliti untuk mencari akar munculnya berbagai konflik yang terjadi, terutama di negara-negara Muslim.

Hasyim mencontohkan, konflik yang terjadi di Palestina, Afghanistan, Iraq, Sudan, termasuk di Thailand Selatan dan Filipina Selatan` merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama.

Sumber : www.hidayatullah.com

Tidak ada komentar:

Salurkan Aspirasi Politik Anda, Mari Bergabung bersama Kami Partai Bulan Bintang

Permendagri No 24 Tahun 2009 Ttg Pedoman Cara Perhitungan Bantuan Kauangan Parpol Dlm APBD