Sabtu, 21 Juni 2008

Diskusi Penegakan Syariat Islam bersama Prof. Yusril Ihza Mahendra

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Pada tanggal 14 Juni 2008 yang lalu, telah terlaksana silaturrahim para ulama se-Sumatera Utara di Hotel Garuda Plaza Medan. Ruangan yang tergolong besar dalam hotel tersebut, serasa tak kuasa menampung peserta silaturrahim yang berjumlah lebih dari 800 orang.

Dalam ceramahnya, Profesor Yusril Ihza Mahendra membahas Syariat Islam mulai dari aspek Kesejarahan maupun aspek penepannya dalam kehidupan bermasyarakat bernegara dan berbangsa dalam kerangka NKRI.

Metode Penyampaian dan penggunaan kalimat-kalimat yang cukup mudah difahami membuat para peserta tetap bertahan hingga akhir acara.

berikut ini adalah penggalan paparan beliau :

......................... Apa yang dimaksud dengan Syariat Islam yang diperjuangkan oleh Partai Bulan Bintang ini, supaya pemahaman kita itu sama, jangan tafsirannya lain-lain nanti.

Kalau kita membaca karya-karya Ibnu Taimiyah, maka seluruh ajaran-ajaran islam itu adalah syariah, tetapi dalam konteks yang kita perjuangkan ini tentu kita tidak dapat menerapkan penafsiran yang luas itu.

Syariah yang kita maksudkan adalah ayat-ayat Ahqam didalam Al Qur’an maupun Hadist-hadist Ahqam didalam kitab-kitab hadist sejauh dia mengandung norma-norma hukum. Lebih dari 6600 ayat dalam Al Qur’an itu, tapi tidak semua ayat Al Qur’an itu bicara hukum.

Kalau kita membaca surat yang pendek-pendek, membaca surat Qulhu, mnembaca surat Al Ashri, ayat itu sangat penting, berisikan pondasi Tauhid, berisikan tentang pesan moral yang universal dari pada sikap hidup orang islam dalam surat Al Ashri, tapi baik kedua surat itu tidak mengandung norma Hukum, karena itu dia tak terkategorikan sebagai ayat-ayat Ahqam. Ada ribuan Hadist, tapi tidak semua hadist mengandung norma hukum..

Norma hukum artinya suatu rumusan atau konsepsi yang disatu fihak berisi suruhan, dilain fihak berisi larangan. Norma seperti itu bisa dikategorikan sebagai norma moral, tapi kalau dia diformulasikan kedalam hukum yang berlaku dan ada alat-alat negara yang memaksakan supaya hukum itu ditaati kalau dilanggar, maka norma itu dinamakan norma hukum. .................. dst

Ayat-ayat Ahqam dalam Al Our’an ada 228 ayat yang berisikan norma-norma hukum, baik mengenai individu, keluarga termasuk jenayat.

Bagi Saudaraku yang berminat, berikut ini adalah link masing-masing penggalan ceramah Prof. Yusril Ihza Mahendra yang telah Kami konversi ke dalam format 3.gp agar dapat dinikmati lewat Handphone dan terkompres Winrar yang diupload pada website http://www.ziddu.com

Silahkan Klik untuk mendownload

Prof. Yusril IM Ttg Syariat Islam dalam Konteks Pelaksanaan di NKRI

Format file untuk Handphone (3gp terkompres winrar)
  1. ProfesorYusril IM + Moderator 785,97 KB
  2. ProfesorYusril IM Ttg Syariat Islam 5,37 MB
  3. ProfesorYusril IM +Tanya Jawab bagian (1) 2,17 MB
  4. ProfesorYusril IM + Tanya Jawab bagian (2) 4,28 MB
Format file untuk Komputer (mp3) tidak dikompres
  1. Prof. Yusril IM + Moderator 2,002 MB
  2. Prof. Yusril IM tentang Syariat Islam 14,064 MB
  3. Prof. Yusril IM +Tanya Jawab bagian (1) 5,678 MB
  4. Prof. Yusril IM + Tanya Jawab bagian (2) 11,199 MB


Tidak ada komentar:

Salurkan Aspirasi Politik Anda, Mari Bergabung bersama Kami Partai Bulan Bintang

Permendagri No 24 Tahun 2009 Ttg Pedoman Cara Perhitungan Bantuan Kauangan Parpol Dlm APBD